ALAMI DAN ILMIAH (PRODUK HERBAL/PERLEBAHAN TERBAIK)

ANDA BUTUH PRODUK PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Tuesday, December 30, 2008

Jangan Takut Lemak!

http://sehat-ituindah.blogspot.com

UNTUK terhindar dari kegemukan, kebanyakan orang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Padahal, sikap antilemak secara berlebihan tidak dianjurkan. Karena lemak tetap punya fungsi bagi tubuh.

Guru Besar Ilmu Pangan dan Gizi Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ali Khomsan Ms mengatakan, kegemukan itu dipacu oleh beberapa hal di antaranya karena faktor genetik atau banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalori dan lemak. Dan, hal tersebut yang harus menjadi perhatian.

"Sekarang orang itu takut terhadap lemak karena dianggap menjadi sesuatu yang menimbulkan penyakit. Kita tidak boleh mengurangi lemak sampai 0%. Jadi yang baik adalah mengurangi boleh, tetapi jangan sampai menjadi pantang," sebut dosen yang mengeluarkan buku berjudul Sehat Itu Mudah pada 2008 ini.

Masih dilanjutkan Ali, sebenarnya lemak itu bagus untuk kesehatan untuk melarutkan vitamin A,D, E, dan K. Setiap makanan yang kita konsumsi pasti mengandung lemak. Jadi kita diharuskan pintar-pintar dalam memilih makanan. Misalnya, Ali menyebutkan, dalam mengonsumsi daging sapi (steak), pilih steak sapi dengan jenis tenderloin. Sebab, kandungan lemaknya sangat minimalis.

"Bahan- makanan yang berasal dari hewani biasanya mengandung banyak lemak. Anda tidak bisa menghindar, tetapi lebih baik memilih," sarannya.

Konsultan gizi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak di Ampera, Kemang, Putri Gita Menur SKM mengatakan, salah satu fungsi lemak memang untuk menyuplai sejumlah energi, saat satu gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan 1 gram karbohidrat hanya mengandung 4 kalori.

Putri melanjutkan, lemak yang baik diperlukan, bahkan penting bagi struktur dan fungsi setiap sel dalam tubuh manusia. Lemak merupakan "bahan bakar" yang memberi Anda tenaga dua kali lebih banyak daripada jenis makanan lain. Lemak yang disimpan dalam tubuh, juga berfungsi sebagai bank penyimpan tenaga.

Lemak adalah bahan penyekat yang melindungi Anda dari rasa dingin yang merusak.Lemak juga menutupi saraf-saraf tubuh. Jenis lemak yang baik yang disebut HDL itu dapat membantu menghilangkan kolesterol yang merusak dan tidak diinginkan itu dari pembuluh-pembuluh darah.

Vitamin A,D, E, dan K merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak dan tersimpan di dalam jaringan-jaringan lemak. Jadi sejumlah lemak tubuh tertentu mempunyai manfaatnya. Lemak-lemak yang tidak dikehendaki adalah bahan-bahan yang berminyak maupun jenuh yang banyak terkandung dalam daging, hasil olahan hewani dan susu, termasuk telur, keju, susu, dan lemak babi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung lemak, tapi dari jenis yang baik. Kolesterol merupakan sejenis lemak yang memerlukan pengaturan yang saksama dalam tubuh.

"Kolesterol terdapat dalam hewan, tetapi tidak terdapat dalam lemak nabati. Kebanyakan dari lemak yang Anda makan setiap hari tidak kelihatan. Sebab itu sudah dicampur dalam gorengan dan masakan. Kaitan antara lemak makanan dan kesehatan adalah berapa banyak jumlah kandungan lemak yang dikonsumsi," papar Putri.

Menu ideal ialah memakan lemak sesuai dengan kandungan alamiah yang terdapat dalam biji gandum, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian (dua yang terakhir dengan jumlah terbatas).

"Ingat, lemak nabati tidak mengandung kolesterol, dan tidak mengandung virus. Namun, orang tidak boleh memakannya dalam jumlah berlebihan dari minyak sayur, kacang-kacangan atau biji-bijian yang sudah diolah," sebutnya.