ALAMI DAN ILMIAH (PRODUK HERBAL/PERLEBAHAN TERBAIK)

ANDA BUTUH PRODUK PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Wednesday, December 31, 2008

Rabun Senja, Banyak Mengonsumsi Wortel

http://sehat-ituindah.blogspot.com

UNTUK mencegah rabun senja, sebaiknya kenali anak-anak tentang manfaat dan kandungan vitamin yang terdapat pada setiap buah. Pengenalan itu, seharusnya tidak saja di sekolah, juga diterapkan di rumah-rumah. Karena hal itu bisa menurunkan jumlah penderita rabun senja.

Untuk mendapatkan makanan sehat, memang terkadang membutuhkan biaya lebih mahal. Namun, dari beberapa jenis sayuran bisa dikonsumsi tanpa mengeluarkan biaya mahal seperti kangkung dan bayam. Ada pula sayuran merah yang murah dan bermanfaat seperti wortel.

"Rabun senja terjadi karena menurunnya fungsi penglihatan seseorang pada saat senja atau peralihan dari siang ke malam. Penyakit ini diderita orang yang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin ini terkandung di sayuran hijau dan merah," kata Spesialis Mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr Iwan Sitompul.

Untuk mencegah terjadinya rabun senja, Iwan mengatakan bisa dilakukan sejak dini dan dari dalam rumah. Dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak sayur dan buah. "Bisa saja setiap lingkungan membuat program keluarga sadar gizi agar tiap keluarga memahami kaidah yang baik dan benar serta mampu mengatasi masalah gizi. Dengan program itu, maka status gizi keluarga yang baik bisa dipertahankan dan diperbaiki," tuturnya.

Tidak berhenti di situ saja, Iwan menyarankan bahwa pengurus lingkungan bisa bekerja sama dengan konsultan gizi untuk mengadakan penyuluhan kepada masyarakat. "Selama ini, masyarakat mencari sendiri apa yang mereka ingin ketahui. Jadi tidak heran jika pengetahuan tentang rabun senja itu sangat minim," sebutnya.

Cara lain untuk mengatasi rabun senja, Iwan menyebutkan adalah dengan memeriksakan secepatnya ke dokter mata ketika ada kelainan. "Jangan sekali-kali mengabaikan keluhan yang terjadi pada mata. Karena mata adalah organ sensitif yang harus dirawat dengan hati-hati," sarannya.

Secara terang-terangan, Iwan menyarankan agar masyarakat lebih banyak mengonsumsi wortel. Wortel (Daucus carota) memiliki mayoritas kandungan vitamin A. Unsur lainnya yang terdapat dalam wortel di antaranya kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin B 1 0,06 miligram, dan vitamin C 6 miligram.