ALAMI DAN ILMIAH (PRODUK HERBAL/PERLEBAHAN TERBAIK)

ANDA BUTUH PRODUK PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Monday, December 15, 2008

Risiko Kanker bagi Alkoholik dan Perokok

ANDA pencandu alkohol dan rokok? Berhati-hatilah mulai detik ini. Sebab, sebuah penelitian terbaru di Belanda mengungkapkan, konsumsi kedua bahan tersebut dapat meningkatkan risiko terkena kanker di tenggorokan dan perut.

Temuan ini sekaligus menyarankan orang untuk menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari atau meminimalisasi paparan alkohol dan rokok. Ahli epidemiologi dari Universitas Maastricht di Belanda mengingatkan, risiko tertinggi kanker tersebut ada pada perokok dibanding mereka yang sudah berhenti merokok atau tidak pernah merokok.

Kanker di tenggorokan ataupun kerongkongan (esophagus) biasanya dimulai dari sisi dalam kerongkongan, yakni sekitar 10 inci pada saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan perut. Selama lebih dari dua dekade, peneliti melakukan penelitian terhadap 120.000 orang yang tinggal di Belanda untuk mengetahui faktor risiko mereka terkena kanker perut tipe esophageal adenocarcinoma dan gastric cardia adenocarcinoma, serta esophageal squamous cell carcinoma yang terkait kanker di kepala dan leher.

Studi lainnya mengaitkan kasus kanker di tenggorokan dengan konsumsi alkohol dan merokok. Didapati bahwa orang yang mengonsumsi alkohol empat gelas per hari berisiko lebih tinggi terkena esophageal squamous cell carcinoma, yang mana mengenai hampir separuh bagian tenggorokan. Demikian halnya merokok juga terkait dengan peningkatan risiko tiga tipe kanker tadi.

Sumber: Okezone.com