ALAMI DAN ILMIAH (PRODUK HERBAL/PERLEBAHAN TERBAIK)

ANDA BUTUH PRODUK PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Tuesday, April 14, 2009

Jangan Sampai Demam Menjadi Kejang

http://sehat-ituindah.blogspot.com

DEMAM
adalah kondisi ketika suhu tubuh anak mencapai lebih dari 38 derajat Celcius dan prosesnya terdiri atas tiga fase. Satu, menggigil sampai suhu tubuh mencapai puncaknya.

Dua, suhu menetap dan terakhir suhu menurun. Demam juga merupakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit, karena suhu tubuh yang tinggi dapat membunuh virus-yang bisa meningkat jumlahnya pada suhu tubuh rendah.

Peningkatan suhu tubuh ditimbulkan oleh beredarnya molekul kecil di dalam tubuh kita yang disebut pirogen (zat pencetus panas). Zat ini juga berguna untuk mengerahkan sel darah putih ke lokasi infeksi.

Terjadinya peningkatan pirogen ini bisa disebabkan karena infeksi dan non-infeksi, seperti alergi, tumbuh gigi, dan lain-lain. Diantara kedua penyebab di atas, demam lebih sering disebabkan karena infeksi, bisa oleh bakteri atau virus.

Jadi, demam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala. Dan gejala tidak akan hilang apabila penyebabnya tidak ditangani. Obat penurun panas berguna untuk menurunkan suhu tubuh, agar tidak terus meningkat dan anak merasa nyaman. Tetapi bukan untuk menormalkan suhu tubuh.

Cara mengatasi demam

1. Banyak minum air putih karena demam dapat menimbulkan dehidrasi.

2. Kompres anak dengan air hangat. Jika diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu di luar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhu dengan cara menggigil sehingga memroduksi panas. Akibatnya, suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas.

3. Berikan obat penurun panas sesuai dosis bila suhu mulai mendekati angka di atas 38 derajat Celcius.


Sumber: okezone.com